Arsip Berita

  • BBPP KUPANG GELAR IN HOUSE TRAINING PENINGKATAN KAPASITAS PETUGAS ADMINISTRASI

    By: drh. Helda Gadja

    Perkembangan zaman yang semakin pesat menuntut setiap instansi dan organisasi untuk terus beradaptasi dan melakukan perubahan yang signifikan agar dapat tetap berjalan dengan efektif dan efisien. Begitu pula dengan bagian administrasi, sebagai salah satu kekuatan pendukung utama dalam sebuah instansi dan organisasi, memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga kelancaran dan kesinambungan kerja.

    Pegawai yang bertugas dalam bagian administrasi memiliki tanggung jawab yang besar dalam mengelola berbagai dokumen penting, mengatur jadwal, serta menangani berbagai urusan admi...

  • TINGKATKAN KAPASITAS PETUGAS PENGELOLA INSTALASI BUDIDAYA TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA, BBPP KUPANG GELAR IN HOUSE TRAINING

    bY: Sukmawati

    Sebagai fasilitator pembangunan pertanian yang bergerak pada bidang pelatihan peternakan dan pertanian bagi SDM Aparatur dan Non Aparatur, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang sebagai unit pelaksana teknis di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Kementerian Pertanian terus membangun sistem manajemen mutu untuk meningkatkan performa kinerja dalam mewujudkan program utama Kementan

    Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman terus menekankan target Kementan untuk meningkatkan produksi pertanian. Amran...

  • GENJOT PRODUKSI TERNAK, BBPP KUPANG GELAR IN HOUSE TRAINING UNTUK PETUGAS INSTALASI TERNAK DAN HPT

    By: Sukmawati

    Dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap dam kompeternsi kerja pegawai di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang mengelar In House Training Peningkatan Kapasitas Petugas Pengelola Instalasi Ternak, Pakan, Limbah dan Kesehatan Ternak. Kamis, 28 Maret 2024 dan diikuti oleh petugas instalasi ternak dan HPT yang berjumlah kurang lebih 20 orang.

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan penguatan SDM harus dilakukan untuk memperkuat sektor pertanian dan peternakan sekaligus mendukung upaya untuk mencapai swasembada.

    “Saya optimis bahwa dua sampai tiga tahun k...

  • Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang Gelar In House Training Peningkatan Kapasitas Petugas Kehumasan

    By: Rudiansyah

    Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menyelenggarakan In House Training (IHT) bertajuk "Peningkatan Kapasitas Petugas Kehumasan dalam Pembuatan Video dan Desain Infografis". Kegiatan ini berlangsung selama satu hari, pada tanggal 27 Maret 2024, dan diikuti oleh para Widyaiswara dan seluruh staf kehumasan BBPP Kupang.

    Tujuan dari IHT ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para petugas kehumasan dalam membuat video dan desain infografis yang menarik dan informatif. Di era digital ini, kemampuan tersebut sangat penting untuk mendukung tugas dan fungsi keh...

  • Tingkatkan Layanan Publik, BBPP Kupang Gelar In House Training bagi Petugas Asrama

    By: M.Noor

    Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang terus berupaya meningkatkan kualitas layanan publik. Salah satu yang dilakukan adalah dengan dilaksanakannya In House Training (IHT) terkait peningkatan kualitas layanan publik bagi seluruh petugas layanan publik BBPP Kupang yang bertempat di Aula BBPP Kupang, Rabu (27/03) lalu.

    Membuka kegiatan, Kepala BBPP Kupang, Yulia Asni Kurniawati mengungkapkan Kegiatan In House Training merupakan hal penting dalam meningkatkan kua...

  • TUMBUHKAN KECINTAAN TERHADAP PETERNAKAN, BBPP KUPANG MENJADI DESTINASI PEMBELAJARAN

    By: M. Noor

    Sembilan belas orang peserta didik PAUD Mentari Merdeka laksanakan kegiatan puncak tema dengan mengunjungi Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang, Rabu (20/3) pagi. Rombongan peserta didik yang didampingi oleh 3 orang guru ini disambut dengan hangat oleh Ketua Tim Kerja Sertifikasi Profesi, Konsultasi Layanan dan PIA, Rip Krishaditersanto yang dalam hal ini mewakili manajemen BBPP Kupang. Rip mengapresiasi kunjungan dari rombongan PAUD Mentari Merdeka.

    "Suatu kebanggaan bagi kami BBPP Kupang yang telah menjadi destinasi sebagai tempat kunjungan agroeduwisata dalam memfasili...

  • Kunjungan Bersama Tim Pusat Pelatihan Pertanian dan Kementerian Ketenagakerjaan ke P4S Abdi Laboratus

    By. Rudiansyah

    Keberadaan Pusat Pelatihan Perdesaan Swadaya (P4S) adalah penting sebagai pusat pembelajaran bagi petani yang harus dapat menghadirkan inovasi-inovasi yang dibutuhkan sektor pertanian. Dengan semangat dari petani, untuk petani dan oleh petani, P4S telah menjadi bagian dari pembangunan pertanian di Indonesia khususnya dalam hal pelatihan secara swadaya dan mandiri dari dan antar petani.

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan, Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) memiliki peran untuk mendukung pembangunan pertanian.

    "Pembangunan pertanian yang kita lakuk...

  • BBPP KUPANG TURUT ANDIL DALAM UJI KOMPETENSI KEAHLIAN SISWA SMK NEGERI KUALIN KAB. TTS

    BY: Eni Mulyanti

    Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan bahwa 38,02% petani Indonesia merupakan generasi yang berusia 41-56 tahun. Jumlah petani muda saat ini baru berkisar 21,93%. Rendahnya minat generasi muda untuk terjun ke sektor pertanian di antaranya karena stigma yang melekat pada sebagian masyarakat Indonesia bahwa petani berpendapatan rendah, kurang menarik, akses permodalan susah, dan generasi petani terdahulu memiliki skill serta pengetahuan yang rendah. Untuk itu Kementerian Pertanian melalui berbagai programnya telah berusaha untuk meningkatkan minat generasi muda di bidang ...

  • Genjot Produksi Pangan Nasional BBPP Kupang Tingkatkan Kapasitas SDM Penyuluh Pertanian

    By: M. NOOR

    Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) di sektor pertanian, baik itu penyuluh maupun petani.

    Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggelar Pelatihan Penyegaran bagi Penyuluh Non Pendamping Program Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative (READSI).

    Di berbagai kesempatan, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman  selalu mengatakan bahwa penyuluh pertanian adalah garda terdepan pembangunan pertanian.

    Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nu...

  • BBPP KUPANG LAKSANAKAN KICK OFF MEETING BERSAMA TIM PERUMUS RSKKNI INSEMINASI BUATAN PADA TERNAK BABI

    By: Sukmawati

    Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menggelar kick off meeting bersama tim perumus untuk menyusun Rencana Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) dalam bidang Inseminasi Buatan pada Ternak Babi. Pertemuan ini diadakan sebagai langkah dalam upaya meningkatkan kualitas pembibitan dan produksi ternak babi di Indonesia, terkhusus di wailayah Timur Indonesia atau NTT.

    Kick Off Meeting dalam rangka hasil kerjasama BBPP Kupang bersama Promoting Rural Incomes Through Support For Markets In Agriculture (PRISMA) yang telah melakukan MOU pada bulan Oktober 2023.

    Ment...