Arsip Berita

  • Malaka Mendapat Perhatian Khusus BPPSDMP Kementan Dalam Pengembangan Potensi Sektor Peternakan

    By: drh Fitri Salih

    Dilatarbelakangi oleh pertambahan jumlah penduduk yang semakin meningkat. ketersediaan bahan pangan menjadi hal paling penting yang harus dipertahankan. Kementerian Pertanian tak henti-hentinya mengerahkan seluruh lini dalam sektor pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas demi terciptanya keamanan pangan dalam negeri dan lebih lanjut berdampak baik terhadap perbaikan ekonomi petani dan peternak.

    Berbagai jenis program strategis telah dilaksanakan demi mencapai cita-cita dan tujuan pembangunan pertanian Indonesia yakni tersedianya pangan yang cukup bagi 270 ju...

  • Penyerahan Bansos Sarpras kepada P4S GS Organik

    By: drh. Helda Gadja

    BBPP Kupang ?menyerahkan bantuan sarana dan prasarana (Sarpras) berupa LCD. Laptop. Layar Proyektor. Speaker Portable Wireless. meja dan lemari arsip kepada P4S GS Organik di Kecamatan Kupang Tengah. Kabupaten Kupang. Selasa (27/07/2021)

    Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) merupakan lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang berperan aktif dalam upaya pembangunan pertanian melalui pengembangan SDM Pertanian yang diwujudkan dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani maupun masyarakat di sekitar wilayahnya.
    Kepala Badan PPSDMP. Prof. Dedi Nursyamsi da...


  • Ini Jadwal Terbaru Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh

    Sumber : tabloidsinartani.com.

    Jakarta -- Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh yang seharusnya dimulai Akhir Juli 2021 ini. harus mundur hingga 06 Agustus 2021 mendatang. Jadwal pelatihan sendiri tidak mengalami perubahan yang berarti.?

    "Karena Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 ?diperpanjang hingga 02 Agustus. pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh ini harus diundur ke 07 Agustus 2021. dan dibuka Menteri Pertanian mulai 06 Agustus 2021." beber Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP). Dedi Nursyamsi kepada tabloidsinartani.com.

    Mes...

  • Gelorakan Semangat Kebangsaan; BBPP Kupang laksanakan Apel pagi dan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.

    By: Drh. Helda Gadja

    Sesuai surat imbauan yang diterbitkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) No. B/75/M.KT.00/2021 terkait pelaksanaan apel pagi setiap hari Senin. serta pemutaran lagu Indonesia Raya pada hari Selasa dan Kamis pkl. 10:00 waktu setempat dan pembacaan teks Pancasila pada hari Rabu dan Jumat pada pkl. 10:00 waktu setempat dilakukan dalam rangka memelihara dan meningkatkan rasa kebangsaan & cinta Tanah Air. Pengabdian terhadap Negara dan Rakyat Indonesia.

    Hari ini (Senin. 26 Juli 2021). BBPP Kupang melaksanakan Apel pagi sesuai ...

  • Pelatihan sejuta Petani dan Penyuluh d Bulan Juli di Undur

    Sumber : tabloidsinartani.com

    Jakarta --- Meningkatkan kapasitas dan keterampilan petani dan penyuluh. Kementerian Pertanian mengagendakan Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh se-Indonesia pada akhir Juli 2021 ini. Namun seiring perkembangan terbaru status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 yang diperpanjang hingga 2 Agustus 2021. kegiatan yang dinanti penyuluh dan petani ini pun diundur hingga 06 Agustus 2021.

    "Iya. diundur karena (perpanjangan) PPKM." ungkap Kepala Pusat Pelatihan Pertanian. Leli Nuryati ketika tabloidsinartani.com?menanyakan progress persiapan Pembu...

  • READSI Kementan Tingkatkan Kompetensi Wanita Tani

    bY: ?Ami Daiman

    Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa tantangan yang dihadapi pertanian saat ini adalah mencukupi pangan bagi seluruh rakyat indonesia.

    ?Kita harus memastikan ketersediaan pangan di seluruh tanah air. baik ketersediaan barang pangan maupun ketersediaan akses untuk mendapatkannya. Untuk itu. saya mengajak seluruh penyuluh dan petani untuk untuk tetap sehat di situasi Pandemi Covid-19. Dengan sehat kita bisa menjalankan tugas sebaik-baiknya.? ujar Mentan.

    Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP). Dedi Nursyamsi men...

  • FASILITATOR DESA READSI KABUPATEN BELU TERUS KAWAL MASYARAKAT MAKSIMALKAN POTENSI LAHAN

    By : drh Fitri Salih

    Rural Empowerment and Agricultural Development Scaling-up Initiative atau yang akrab dikenal dengan sebutan READSI. merupakan program yang berada dibawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP). Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga tani miskin di wilayah sasaran program serta memastikan ketersediaan cadangan pangan terlebih dimasa pandemi seperti sekarang ini.


    Menteri Pertanian Indonesia Syahrul Yasin Limpo kerap menyampaikan upaya Kementerian Pertanian dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat kh...

  • BBPP Kupang Gelar Pelatihan Teknis Perawatan Induk dan Pedet Bagi Aparatur Angkatan XI

    By: Drh. Helda Gadja

    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam berbagai kesempatan selalu menyampaikan pentingnya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk optimalisasi sektor pertanian ke arah yang lebih baik.

    Kementan terus meningkatkan kualitas SDM pertanian dan membuat sektor pertanian menjadi lebih menarik serta menguntungkan.
    Di samping itu. pertanian harus bisa menarik minat generasi muda sebagai profesi yang menjanjikan.

    Sejalan dengan hal tersebut. Kepala Badan PPSDMP Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi. M.Agr mengatakan untuk menciptakan dan membentuk SDM yang handal . profesiona...

  • BPPSDMP Kementerian Pertanian Gelar Pelatihan Pemupukan Berimbang Buat Peserta dari Kota dan Kabupaten Kupang

    By: drh Fitri Salih

    Demi mewujudkan tujuan pembangunan pertanian Indonesia yang salah satunya adalah ketersediaan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia. kementerian pertanian terus melakukan upaya-upaya dengan meluncurkan berbagai program strategis.

    Harapannya ?mampu mempercepat terwujudnya tujuan-tujuan pembangunan pertanian Indonesia. Produktivitas lahan pertanian menjadi salah satu fokus utama pemerintah demi mendukung peningkatan produktivitas sektor pertanian serta peningkatan kualitas produk pertanian yang dihasilkan.

    Mengutip Rilis Berita BBPP Kupang yang diterima Media ini. Selasa (23/6...

  • pendaftaran untuk Pelatihan 1 juta Penyuluh dan Petani

    Yth. Bapak Ibu Penyuluh dan Petani dengan ini kami lampirkan link pendaftaran untuk Pelatihan 1 juta Penyuluh dan Petani yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli s.d 1 Agustus 2021.

    Berikut link masuk registrasinya dengan mengikuti petunjuk diatas ??

    https://latihanonline.pertanian.go.id/registrasi/index.php

    Petani dan Penyuluh Pertanian di Indonesia Yuk Gabung di mata latihan "Pengelolaan Kesuburan Tanah" untuk dapatkan free sertifikat dari Menteri Pertanian RI

    Jangan lupa gabung Video Conferencenya via Aplikasi Zoom
    Diroom id: 87861809979
    passcode : pelatihan1

    Berikut link pendaftaran untu...