Arsip Berita

  • BBPP Kupang Gelorakan Gerakan Protokol Kesehatan dan Kewaspadaan Cegah Corona

    By: Ami Daiman

    Prof Dedi menyampaikan instruksi Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) kepada jajaran Kementerian Pertanian RI yang selalu menegaskan bahwa SDM Pertanian adalah kekuatan paling utama untuk Pertanian Indonesia. karena itu. Jaga SDM Pertanian dari penyebaran virus Corona Covid-19.
    "Terapkan protokol kewaspadaan terhadap virus. kurangi bersentuhan bersalaman tangan. untuk sementara salam jarak jauh dan perbanyak e-learning". ungkapnya.
    Kewaspadaan terhadap penyebaran virus corona atau dikenal juga Covid 19 terus dilakukan Unit Pelayanan Teknis (UPT) Kementerian Pertanian. ...

  • DUKUNG Gerakan Solidaritas KORPRI BBPP Kupang Berdonasi peduli COVID 19

    By : Ami Daiman

    Covid-19 telah menghantam banyak aspek kehidupan masyarakat di Indonesia. Selain mereka yang terjangkit. pengaruh paling signifikan adalah kerugian ekonomi yang diderita oleh masyarakat ekonomi rendah dan sector informal.
    Covid-19 telah menjadi pandemi global yang meresahkan di 114 negara dengan jumlah kematian lebih dari 4 ribu jiwa. Berbagai langkah pencegahan penularan virus Corona telah banyak dilakukan..
    Kendati begitu. langkah terbaik agar terhindar dari infeksi Covid-19 adalah dengan meningkatkan pertahanan tubuh dengan menjaga kebersihan lebih intensif. seperti mencuci ...

  • BPP Kupang Ikut Teleconference Bersama SYL ; Dukung Program Kementan

    By: Ami Daiman

    Kementerian Pertanian menggelar Teleconference Jumat (3/4/20) diruang Agriculture War Room Teleconference di ikuti oleh Pejabat Lingkup Kementerian Pertanian termasuk juga BBPP Kupang. pihak swasta. serta insan pertanian lainnya seperti Pihak Swasta. suplier pangan dan dinas yang membidangi Sektor Pertanian.
    Kementerian Pertanian bekerjasama dengan PT. Gojek guna mempermudah dan menyediakan jasa belanja pangan bagi masyarakat di tengah pandemi Corona.
    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menyaksikan penandatanganan kerjasama antara Kementerian Pertanian dengan perusahaan Gojek....

  • BBPP Kupang Ikut Rapat Koordinasi Online Dengan Kepala Pusat Pelatihan Pertanian

    By: Ami Daiman

    Di Tengah Merebaknya virus corona telah membuat perubahan di berbagai sektor kehidupan masyarakat Indonesia. salah satunya kebijakan social distancing yang melarang masyarakat melakukan kegiatan di luar rumah tanpa keperluan mendesak.
    Termasuk Dalam hal pelatihan untuk mencegah terjadinya penyebaran yang meluas. Efeknya adalah semua pendidikan dan pelatihan konvensional harus dihentikan untuk sementara waktu. bahkan proses rapat-rapat pun untuk sementara tidak diperbolehkan. dalam rangka menjaga penyebaran Covid-19 agar tidak semakin luas dan parah penyebarannya.
    Menteri Pertani...

  • combine harvester cara aman hindari corona saat bekerja

    By: Ami Daiman

    Mentan SYL dalam beberapa kesempatan menyampaikan bahwa. pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak boleh tertunda apalagi berhenti. Untuk itu petani sebagai pejuang dan garda terdepan dalam penyediaan pangan tetap melakukan ?kegiatan olah tanah. olah tanam hingga panen padi.
    Menghadapi pandemi corona yang diperkirakan akan sampai dengan bulan April mendatang. Kementerian Pertanian (Kementan) dengan sigap menyiapkan pangan untuk masyarakat Indonesia dengan mendorong produksi pangan bulan Maret-April 2020.
    Di Tengah Merebaknya virus corona ada salah satu kebijakan pemeri...

  • Poktan Pelita Kabupaten Manggarai Manfaatkan combine harvester pada saat panen

    By: Ami Daiman

    Maret sampai dengan April adalah Musim panen padi. musim yang di tunggu-tunggu oleh para Petani ?. Begitu juga Kelompok Tani Pelita Kelurahan Mata Air Kecamatan reok Kabupaten Manggarai dengan ketua Poktan Mohamad Saleh Anwar dan mereka memanen ?menggunakan mesin berteknologi untuk memanen padi di areal sawah mereka.
    Luas panen hari ini (4/4/20) 0.25 Ha dengan potensi panen 22.75 ha Provitas rata rata 1.70 ton/Ha Varietas Membramo harga GKP Rp. 5000 dan harga beras Rp. 10.000 dengan penyuluh pendamping Marsel Nagung. S.Pt
    Marsel Nagung S.Pt mengatakan ?Dengan mesin combine harve...

  • Pertanian Tidak berhenti Petani Lembor Sambut Panen Padi dengan Sukacita

    By: Ami Daiman

    Lembor adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Manggarai Barat. provinsi Nusa Tenggara Timur. Indonesia. Tanah di Lembor relatif subur. dengan curah hujan yang tinggi dan beriklim tropis. Sebagian besar wilayah Lembor merupakan daerah irigasi untuk persawahan.
    Panen kali ini dilakukan oleh Poktan Mekar Indah Desa Daleng Kecamatan Lembor Kabupaten Manggarai barat dengan luasan potensi panen 25 ha dan panen hari ini (1/4/20) seluas 3 ha
    Varietas yang dipanen hari ini adalah varietas ciherang dengan hasil mencapai 6.5 ton.?
    Marselina ?Jeni. SP selaku Penyuluh Pendamping mengatakan ? p...


  • Bukti Pertanian Tidak berhenti P4S Abdilaburatus Kabupaten Kupang Binaan BBPP Kupang dukung program Kementan.

    By: Ami Daiman

    Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meminta seluruh aparatur di Kementerian Pertanian (Kementan) dan para petugas pertanian di daerah bekerja serius dalam mengoptimalkan potensi sektor pertanian ke depan. pertanian Indonesia tidak boleh mundur apalagi kalah dari negara tetangga.
    Geliat Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) memang tak begitu banyak terdengar ketimbang kelompok tani atau gabungan kelompok tani. Namun peran P4S tak kalah penting dalam mendukung pembangunan pertanian.
    Seperti di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. meski kelembagaan P4S sudah la...

  • Antisipasi Penyebaran Covid 19 BBPP Kupang sediakan alat dan membuat Disinfektan Sendiri

    By: Ami Daiman

    Virus ?covid-19 menjadi musuh dari seluruh manusia di seluruh dunia. Hingga saat ini. desinfektan salah satu dipercaya mampu mencegah penyebaran virus Corona. Penelitian menunjukan bahwa virus corona ?dapat hidup di permukaan selama beberapa hari.
    Desinfektan dipercaya mampu mensterilkan benda-benda dari kuman. bakteri. dan virus karena mengandung chlorin.
    BBPP Kupang Menindaklanjuti pencegahan virus covid-19 yang semakin menyebar luas. dan hari ini (30/03/20) melakukan desinfeksi atau penyemprotan cairan desinfektan yang di buat sendiri oleh Pegwai BBPP Kupang mengikuti prosedu...

  • Kepala BBPP Kupang: walau WFH Pegawai tetap kreatif dan inovatif

    By : Ami Daiman

    ISTILAH work from home (WFH) mendadak menjadi trending topic. seiring merebaknya coronavirus disease 2019 (covid-19). Sehingga banyak kantor publik/pemerintah maupun private sector menyarankan karyawannya bekerja dari rumah (WFH). Begitu juga dengan Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang sesuai Edaran Kementerian Pertanian Nomor. 1044/SE/KP.370/A/03/2020 tanggal 17 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Tugas Kedinasan di Lingkungan Kementan dalam Rangka Pencegahan dan Perlindungan dari Wabah Penyakit virus corona (COVID-19).

    Pelaksanaan Work From Home (WFH) atau bekerja di rumah adal...