Arsip Artikel Peternakan

  • Langkah Mudah Budidaya Cabai Taiwan

    Sumber : pertanianku.com

    Cabai Taiwan atau lebih dikenal dengan cabai TW merupakan jenis cabai besar dengan tingkat produksi tinggi dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Kualitas yang tinggi menyebabkan harga jual jenis cabai ini tergolong mahal. Selain kualitasnya yang bagus, perawatan cabai Taiwan memang terbilang sulit. Cabai ini memerlukan perawatan intensif, terutama bila ditanam pada musim hujan.

    Pengolahan tanah

    Pengolahan tanah untuk lahan penanaman cabai Taiwan sama seperti cabai besar pada umumnya. Proses pengolahan diawali dengan membajak tanah, kemudian membuat bedengan ...

  • Cara Menanam Bawang Bombai yang Benar

    Sumber : pertanianku.com

    Sebelum menanam bawang bombai, Anda harus mempersiapkan terlebih dahulu bibit tanaman. Bibit bawang bombai bisa berasal dari biji atau umbinya. Bila menggunakan umbi, pastikan umbi tidak cacat, luka, rusak, atau pecah. Umbi yang dipilih sebagai bibit harus sudah tua, tidak mengerut, padat, menthes, dan mengilap. Umbi tersebut harus berasal dari tanaman yang dipanen sudah tua dan disimpan dalam waktu yang cukup lama.

    Umbi bawang bombai cukup sulit berbunga dan membentuk biji di iklim tropis seperti di Indonesia. Permasalahan ini bisa diatasi dengan menyimpan umbi yang a...

  • Limbah Industri yang Dapat Diolah Menjadi Biogas

    Sumber : pertanianku.com

    Terdapat beberapa limbah industri yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan biogas. Limbah tersebut dapat berasal dari industri skala besar hingga skala rumahan. Seperti yang diketahui, limbah dapat menyebabkan pencemaran lingkungan bila tidak diolah dengan benar. Mengolah limbah menjadi biogas dapat menjadi salah satu solusi mengatasi permasalahan lingkungan yang masih menjadi pekerjaan rumah tangga di Indonesia.

    Berikut ini beberapa limbah industri yang bisa diolah kembali menjadi biogas bahan bakar alternatif.

    Bungkil jarak pagar

    Potensi ekonomi jarak pag...

  • DIGITAL MARKETING, SOLUSI PEMASARAN PETANI MILENIAL

    by: Sophia Angelina Pakpahan, M.Si

    Keberhasilan suatu bisnis tidak lepas dari strategi pemasaran yang baik, apalagi di era digital sekarang ini. Pengetahuan yang mendalam tentang digital marketing atau pemasaran digital menjadi hal yang sangat penting. Apa itu pemasaran digital? Pemasaran digital adalah strategi atau upaya memasarkan atau mempromosikan produk melalui segala jenis media digital, melalui internet atau jaringan lain yang terhubung. Dengan banyaknya media digital di sekitar kita saat ini, jelas bahwa pemasaran digital merupakan sarana pemasaran yang sangat efektif.

    Faktor utama ya...

  • MENGENAL KREDIT USAHA RAKYAT UNTUK SEKTOR PERTANIAN

    by: Sophia A. Pakpahan, M.Si

    Kredit Usaha Rakyat (KUR) adalah program pembiayaan/kredit bersubsidi pemerintah dengan bunga rendah, yang 100% dananya milik Bank/Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) Penyalur KUR dan disalurkan dalam bentuk dana keperluan modal kerja serta investasi. Pembiayaan/kredit tersebut disalurkan kepada pelaku UMKM individu/perseorangan, badan usaha dan/atau kelompok usaha yang memiliki usaha produktif dan layak namun belum memiliki agunan tambahan atau feasible namun belum bankable. Subsidi yang diberikan oleh pemerintah berupa subsidi bunga dan ada pola penjaminan sehingg...

  • Olah Tepung Tapioka Jadi Gula Cair yang Menyehatkan

    Sumber : pertanianku.com

    Tepung tapioka yang umumnya digunakan untuk memasak bisa Anda olah menjadi gula cair yang menyehatkan. Tepung tapioka berasal dari ekstraksi umbi singkong, berbeda dengan tepung singkong yang berasal dari parutan singkong yang dikeringkan.

    Gula cair yang berasal dari singkong memiliki indeks glikemik 55, lebih rendah dari glikemik gula tebu yang mencapai 68. Gula singkong terbuat dari umbi singkong ataupun tepung tapioka.

    Proses pembuatan gula singkong di antaranya likuifikasi, sakarifikasi, pemucatan, dan penyaringan. Seluruh proses tersebut bisa dilakukan dengan pera...

  • Kenali Penyebab Buah Kopi Rontok

    Sumber : pertanianku.com

    Saat proses pemeliharaan Anda bisa menjumpai kondisi buah kopi yang rontok berjatuhan. Kerontokan tersebut bisa disebabkan oleh tiga faktor, yakni karena proses pembuahan yang gagal, fisiologis, dan gangguan hama penyakit. Simak ulasan lebih lengkap mengenai faktor penyebab buah kopi rontok di bawah ini.

    Kegagalan pembuahan

    Kegagalan proses pembuahan sering terjadi karena self sterilitas dan incompatabilitas antara sel telur dan inti sel jantan dari serbuk sari. Dalam hal ini, kantong embrio telah terbentuk sempurna sehingga kantong embrio, sel-sel antipoda, dan vavoul...

  • Kiat Meraup Untung dari Budidaya Bawang Merah

    Sumber : pertanianku.com

    Bawang merah termasuk salah satu dari 11 komoditas pokok yang terus dikawal pergerakannya oleh Pemerintah. Pasalnya, bawang merah dapat memengaruhi inflasi. Namun, biasanya, produksi budidaya bawang merah saat musim hujan terhadang oleh banyak hambatan. Kondisi tersebut menyebabkan harga komoditas ini fluktuatif. Untung dari budidaya bawang merah tergolong bagus bila dibangun dengan strategi bisnis yang tepat. Berikut ini beberapa kiat membangun bisnis budidaya bawang merah yang menguntungkan.

    Temukan lokasi yang cocok

    Tanaman bawang merah dapat tumbuh dengan baik di t...

  • Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman Kakao yang Tepat

    Sumber : pertanianku.com

    Organisme pengganggu tanaman (OPT) menjadi salah satu tantangan yang dapat menyebabkan pekebun gagal panen. Untuk itu, pekebun harus memiliki pengetahuan yang memadai terkait cara mengendalikan OPT tanaman kakao agar potensi kerugian bisa diminimalisir.

    Hama tanaman kakao utama yang sering menyerang tanaman kakao di Indonesia adalah hama uret yang menyerang akar, hama penggerek batang, pengisap buah, tikus, dan tupai. Sementara itu, penyakit yang sering menyerang adalah penyakit akar, penyakit pembuluh kayu, penyakit jamur upas, dan penyakit busuk buah.

    Salah satu bagi...

  • Kiat Mengatasi Ulat Tentara yang Menyerang Tanaman Jagung

    Sumber : pertanianku.com

    Ulat tentara (Spodoptera frugiperda) dapat menyebabkan gagal panen karena daun-daun tanaman dimakan oleh ulat. Larva sudah bisa menyerang tanaman sejak berumur sebulan. Ulat tentara berasal dari Amerika Serikat dan telah menjadi momok bagi petani di Indonesia.

    Ngengat dewasa S. frugiperda akan mencari tanaman jagung untuk meletakkan telur, bahkan ngengat sudah mengintai tanaman jagung yang masih berumur kurang dari satu bulan. Setelah menetas, ulat-ulat akan memakan daun. Serangan ulat pada fase instar 3–6 dapat menyebabkan kerusakan berat. Selanjutnya, ulat akan menja...