Arsip Artikel Peternakan

  • Manajemen Pakan Ikan Gurami yang Benar

    Sumber : pertanianku.com

    Pakan ikan gurami merupakan kebutuhan yang dapat berdampak langsung pada hasil yang akan Anda dapatkan, yaitu rugi ataupun untung. Pakan menjadi salah satu kebutuhan yang menempati porsi terbesar pada struktur modal usaha. Oleh karena itu, pemberian pakan harus dilakukan dengan tepat, mulai dari jenis, ukuran, cara, waktu, dan jumlah.

    Cara pemberian pakan

    Ada dua jenis pakan ikan gurami, yaitu pakan buatan dan pakan hijauan. Pakan buatan untuk ikan gurami sebaiknya merupakan pakan terapung dengan kandungan protein 26—28 persen.  Pakan diberikan sebanyak 2—3 per hari da...

  • Teknik Pemijahan Labi-Labi

    Sumber : pertanianku.com

    Labi-labi memang tidak tergolong ikan, tetapi bisa dibudidayakan di dalam kolam. Daging hewan air ini kerap dikonsumsi oleh masyarakat Bali dan NTB serta beberapa komunitas masyarakat di Jakarta. Salah satu kegiatan budidaya labi-labi adalah pemijahan. Pemijahan labi-labi perlu didukung dengan konstruksi kolam, persiapan kolam, dan penanganan proses pemijahan.

    Konstruksi kolam

    Kolam yang akan digunakan sebaiknya berbentuk persegi panjang dengan luas yang dapat disesuaikan dengan luas lahan. Umumnya, kolam pemijahan dibuat seluas 50—300m2 dengan ketinggian pematang 1,5—

  • Memahami Sifat Alami Lobster Air Tawar

    Sumber : pertanianku.com

    Lobster air tawar termasuk komoditas perikanan air tawar yang mudah dibudidayakan. Lobster dapat ditemui di danau air tawar, rawa-rawa, dan sungai. Di habitat aslinya, hewan ini biasanya bersarang di celah-celah bebatuan dan akar pohon.

    Komoditas lobster air tawar memiliki beberapa sifat alamiah yang unik. Sifat alami ini perlu Anda ketahui sebelum mulai budidaya lobster air tawar agar Anda dapat mengetahui cara penanganan yang tepat saat memeliharanya. Berikut ini beberapa sifat alami lobster air tawar yang perlu Anda ketahui.

    Aktif berjalan

    Lobster tergolong aktif be...

  • Komoditas Perikanan Satu ini Memiliki Nilai Ekonomis Tinggi

    Sumber : pertanianku.com

    Labi-labi merupakan salah satu komoditas perikanan yang memiliki nilai ekonomis cukup tinggi. Usaha budidaya labi-labi saat ini banyak dikembangkan. Terlebih, hewan ini memiliki protein yang cukup tinggi jika dikonsumsi.

    Labi-labi merupakan salah satu jenis sumber daya ikan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber gizi guna untuk memenuhi kebutuhan pangan. Di sisi lain, labi-labi memiliki manfaat yang tidak sebatas. Salah satunya sebagai bahan utama pembuatan obat. Nilai tambah inilah yang menjadikan labi-labi sebagai komoditas perikanan yang dirasa cukup potensial.

    Labi...

  • Jangan Khawatir, Usaha Budidaya Tidak Harus di Lahan yang Luas

    Sumber : pertanianku.com

    Memulai bisnis tidak selalu harus dengan lahan yang luas. Penggunaan lahan luas biasanya terkendala dengan besarnya biaya yang akan dikeluarkan. Alangkah baik jika memulai usaha dari tempat yang kecil dahulu seperti teras rumah. Kenapa? karena selain bisa memanfaatkan lahan kosong yang ada, unsur pembelian lahan/ sewa lahan bisa ditiadakan. Keuntungan lainnya adalah kemudahan dalam pengontrolan karena bisa setiap waktu dilakukan sehingga risiko kegagalan usaha bisa diminimalkan. Seandainya lahan yang dimiliki hanya sekitar 2 m2, jenis usaha yang dipilih sebaiknya yang ...

  • Labi-Labi, Awal Dianggap Hama Kini Bernilai Ekonomi Tinggi

    Sumber : pertanianku.com

    Labi-labi (Trionyx sinensis) juga dikenal dengan nama bulus. Mulanya, hewan ini dianggap hama, sama seperti belut dan ikan gabus. Saat ini, labi-labi justru bernilai ekonomi tinggi, hampir seluruh bagian tubuhnya dapat dimanfaatkan, baik daging maupun cangkangnya.

    Labi-labi berstatus konservasi masuk kategori vulnerable (VIU) yang berarti rentan. Hal ini dikarenakan spesies tersebut rentan mengalami kepunahan di alam liar. Oleh karena itu, peredaran untuk ekspor, konsumsi, dan pemeliharaan sudah diatur.

    Hewan bercangkang ini sudah bisa dibudidayakan di dalam kolam. Mes...

  • Kiat Membuat Nafsu Makan Ikan Gurami Makin Tokcer

    Sumber : pertanianku.com

    Pertumbuhan ikan gurami ditentukan pula berdasarkan pakan yang dikonsumsi. Apabila ikan tidak memiliki nafsu makan yang bagus, asupan nutrisi yang masuk ke tubuh ikan tidak bagus juga. Nafsu makan timbul akibat adanya rangsangan melalui penglihatan, bau, dan rabaan ikan. Ketika timbul nafsu makan, alat pencernaan ikan akan bersiap-siap untuk menerima makanan dan mencernanya.

    Nafsu makan ikan gurami bisa dirangsang melalui beberapa cara berikut.

    Makanan yang kaya nutrisi

    Makanan yang diberikan untuk ikan gurami harus memenuhi persyaratan kandungan nutrisi. Makanan harus...

  • Tips Membuat Pakan Pelet Ikan Gabus

    Sumber : pertanianku.com

    Ikan gabus terbilang agak sulit menerima pakan tambahan, apalagi pakan buatan. Ikan gabus lebih menyukai pakan berupa cincangan atau gilingan daging ikan atau hewan lain yang masih segar. Namun, pakan buatan tetap bisa diberikan pada ikan gabus yang sudah beradaptasi. Pakan pelet ikan gabus harus sesuai dengan selera ikan agar ikan mau menyantapnya.

    Saat ini pakan komersial dinilai cukup mahal. Kontribusi biayanya dalam struktur modal dapat mencapai 70 persen. Pasalnya, bahan baku yang digunakan masih diimpor dari luar negeri. Mahalnya harga pakan bisa Anda siasati den...

  • Cara Mudah Budidaya Ikan Gabus di Kolam Tanah

    Sumber : pertanianku.com

    Budidaya ikan gabus bisa dilakukan di mana saja. Ikan ini bisa hidup di air yang keruh dan kering karena memiliki labirin pada alat pernapasannya. Beragam jenis kolam pun bisa digunakan mulai dari kolam terpal, kolam tanah, dan kolam beton. Berikut ini akan dijelaskan cara mudah budidaya ikan gabus di kolam tanah.

    Kolam tanah adalah kolam yang memiliki dinding dan dasar berupa tanah. Tipe kolam ini paling populer di kalangan pembudidaya ikan. Pembuatannya cukup mudah dan sederhana. Cukup dengan menggali tanah dan mengisinya dengan air.

    Kolam tanah juga bisa terjadi sec...

  • Jenis Ikan Patin yang Perlu Anda Ketahui

    Sumber : pertanianku.com

    Ikan patin termasuk kelompok catfish yang hidup di perairan umum. Nama sebutan untuk ikan ini terbilang cukup beragam di beberapa daerah, seperti pedodo, juaro, lubuk, kipper, dan kunyit. Di Indonesia terdapat 13 jenis ikan patin dengan daerah penyebarannya di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Berikut ini beberapa jenis ikan patin yang umum berada di perairan Indonesia.

    Patin siam

    Patin siam (P. hypophthalmus) merupakan ikan patin yang diintroduksi dari Thailand. Kandungan lemak ikan patin siam lebih rendah dengan pertumbuhannya yang lebih cepat. Patin dapat mencapai uku...