Arsip Artikel Peternakan

  • Sifat Unik Burung Walet, Si Penghasil Sarang Mahal

    Sumber : pertanianku.com

    Saat ini pemerintah sedang berupaya mengembangkan burung walet sebagai penghasil sarang walet yang bernilai ekonomi tinggi. Ternak walet perlu dilakukan dengan perhitungan yang matang agar berjalan lancar. Mengetahui sifat burung walet dapat membantu Anda memudahkan produksi sarang menjadi lebih optimal.

    Di antara beberapa sifat burung walet, ada beberapa sifat burung penghasil sarang mahal ini yang terbilang unik. Berikut ini ulasan sifat-sifat walet yang unik.

    Cara mengenali sarang

    Tidak sepert binatang lain, penghasil sarang mahal ini rupanya memiliki kesulitan dala...

  • Resep Pizza yang Aman untuk Penderita Kolesterol

    Sumber : petanianku.com

    Pola makan menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi penderita kolesterol. Pasalnya, pengobatan kolesterol perlu diimbangi dengan pola makan yang benar, tidak bisa hanya mengandalkan obat. Namun, lazimnya makanan yang aman dan tidak menyebabkan kadar kolesterol tinggi kurang lezat dan gurih. Sebenarnya, Anda tetap bisa mengonsumsi makanan yang lezat seperti pizza dengan cara yang aman, yakni membuatnya sendiri di rumah.

    Berikut ini resep pizza yang aman untuk penderita kolesterol.

    Bahan-bahan:

    1. Tepung terigu 3 sendok makan
    2. Ragi instan ½ sendok teh
    3. Kentang ukuran sedan...

  • Turunkan Kolesterol Usai Lebaran dengan Bawang Putih

    Sumber : pertanianku.com

    Usai Lebaran biasanya banyak orang akan mengeluhkan masalah kolesterol. Bagaimana tidak, selama Lebaran pasti Anda akan banyak mengonsumsi makanan bersantan. Hal ini memang sebagai tradisi perayaan Lebaran. Belum lagi ditambah kue-kue yang pasti ada di kala Lebaran tiba. Nah, untuk menetralisir kolesterol tersebut Anda diwajibkan mengonsumsi bawang putih.

    Selain mengonsumsi bawang putih, Anda juga harus melakukan olahraga dan diet sehat jantung. Dua cara tersebut bisa Anda coba untuk tetap menjaga kesehatan tubuh usai Lebaran agar beragam penyakit tak mengintai kesehat...

  • Hati-hati, Jeroan Bisa Tingkatkan Kadar Kolesterol, Ini Buktinya!

    Sumber : pertanianku.com

    Di Indonesia, setiap bagian dari hewan dapat diolah menjadi bahan makanan. Bahkan bagian dalam yang dikenal sebagai jeroan bisa diolah menjadi beragam masakan. Namun, tahukah Anda jeroan bisa tingkatkan kadar kolesterol dalam tubuh?

    Ada beberapa makanan yang memang harus dikurangi atau bahkan dihindari, agar tidak dikonsumsi sama sekali.

    Kadar kolesterol dalam tubuh dapat dibedakan menjadi kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Paradigma orang tentang penyakit kolesterol sering dihubungkan dengan berat badan berlebih dan usia.

    Padahal, kadar kolesterol tingg...

  • Tidak Hanya Gandum, Bahan Pangan ini juga Dapat Diolah Menjadi Mi

    Sumber : Pertanianku.com

    Tepung gandum menjadi primadona produsen yang membuat mi karena mengandung gluten yang dapat membuat mi tidak mudah putus saat dicetak hingga dimasak. Namun, tahukah Anda, masih ada beberapa bahan pangan lainnya yang juga bisa diolah menjadi mi. Bahan pangan tersebut adalah singkong, ubi jalar, sagu, dan jagung. Simak ulasannya berikut ini.

    Singkong

    Singkong perlu diolah terlebih dahulu menjadi tepung. Mi basah dapat terbuat dari 100 persen tepung singkong. Akan tetapi, pembuatan mi kering memerlukan tambahan terigu sebanyak 70 persen untuk menjadi pengikat antarbutira...

  • Uji Kompetensi Keahlian Siswa SMK Pertanian

    BY; Marthen L. Ressie

    Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan khusus bagi siswa SMK untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kualifikasi jenjang 2 (dua) atau 3 (tiga) pada KKNI. UKK dilaksanakan diakhir masa masa studi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi atau satuan pendidikan terakreditasi bersama mitra dunia usaha/industri. Hasil UKK bagi peserta didik akan menjadi indikatorketercapaian standar kompetensi lulusan sedangkan bagi stakeholder hasil UKK dijadikan sumberinformasi atas kompetensi yang dimiliki calon tenaga kerja.

    Sekolah Men...

  • Pemanfaatan PSB sebagai Pupuk Organik Murah

    By: Marthen Leonard Ressie

    Pupuk merupakan salah satu faktor yang penting dalam menunjang pertumbuhan tanaman, namun pupuk selalu menjadi faktor yang membatasi akan peningkatan produksi tanaman, hal ini disebabkan  karena harganya yang mahal sehingga berdampak pada biaya produksi dan sulit didapat (terkhusus pupuk subsidi). Permasalahan ini perlu diatasi dengan penggunaan bahan alternatif berupa pupuk organik buatan yang dikenal dengan nama bakteri fotosintetik (Photosynthetic bacteria/PSB).

    Bakteri fotosintetik merupakan bakteri aututrof yaitu bakteri yang dapat membuat makanannya sendiri den...

  • ANAK SDK YOBES MENINJAU DIVISI TERNAK KAMBING DI BBPP KUPANG

    BY; Fransiskus Mbapa

    Murid-murid SDK Yobes melakukan kunjungan ke Balai Nesar Pelatihan Peternakan Kupang pada tanggal 04 Maret 2024. Kedatangan pelajar SDK Yobes merupakan kunjungan yang sekalian kali ke BBPP Kupang. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari guru pengasuhnya, kedatangan mereka ke BBPP Kupng adalah untuk melaksanakan kegiatan fill trip atau kunjungan lapangan dalam rangka mendekatkan diri pada dunia nyata yang berhubungan dengan mata pelajaran yang diajarkan di sekolah o;eh para guru pengasuh. Berdasrkan informasi yang dihimpun, keberadaan anak-anak SDK Yobes di BBPP Kupang ada...

  • KUNJUNGAN KE LOKASI PENANAMAN JAGUNG DENGAN SISTEM POMPANISASI DI DESA SUMLILI KECAMATAN KUPANG BARAT

    bY: Fransiskus Mbapa 

    Kegiatan berkaitan dengan pelaksanaan dan konsolidasi darurat pangan tingkat provinsi NTT dilaksanakan pada tanggal 4 April 2024 bertempat di aula utama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi NTT. Kegiatan tersebut diprakarsai oleh Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) pusat yang bekerjasama dengan BSIP Propinsi NTT. Kegiatan tersebut diikuti oleh Kapus BSIP, Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi NTT, Kepala BSIP Propinsi NTT, Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang, Kepala SNAKMA Kupang, beberapa Kepala Dinas lingkup Pertanian, s...

  • BENDUNG MERDEKA SALAH SATU SUMBER AIR UNTUK PENGAIRAN LAHAN SAWAH

    BY: Fransiskus Mbapa

    Keterbatasan air merupakan salah satu faktor penyebab gagal tanam di areal persawahan di Desa Oel O kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang. Kasus ini terjadi pada musim tanam 2023/2024 periode Oktober – Maret. Lahan kurang lebih seluas 200 Ha baru terlaksana penanaman seluas 20 Ha. Hal ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana pada tahun yang lalu untuk periode yang sama hampir seluruh lahan sawah tertanami semua. Hal ini disebabkan oleh karena berkurangnya curah hujan yang berdampak pada kekeringan di lahan sawah.

    Oleh karena tahun  lalu luasan tanamnya lebih luas dari...