Arsip Artikel Peternakan

  • Kunci Mendongkrak Produksi Ubi Kayu di Lahan Kering Masam

    Sumber : pertanianku.com

     

  • Cara Menyembuhkan Tanah yang Sakit

    Sumber : pertanianku.com

    Banyak ditemukan kasus tanah yang dahulu subur kini sakit sehingga tidak bisa digunakan untuk bertanam. Akibatnya, tanah yang sakit dibiarkan begitu saja menjadi hamparan tanah kosong yang tidak produktif. Banyak petani yang kebingungan kenapa hal tersebut bisa terjadi, padahal semasa produktif petani kerap memberikan pemupukan intensif.

    Tanah yang sakit seperti ‘tanah lapar’, seberapa banyak pupuk anorganik yang diberikan, tanah tidak akan kembali subur. Salah satu penyebabnya adalah pemberian pupuk kimia anorganik yang diberikan secara berlebihan dan terus-menerus ta...

  • Jenis-Jenis Pohon Penghasil Gaharu

    Sumber : pertanianku.com

    Secara morfologi pohon gaharu mempunyai tinggi mencapai 40 m dengan diameter batang 80 cm. Tanaman gaharu sudah dikenal di Indonesia sejak 1200-an. Namun, ekspor gaharu baru dimulai pada 1981–1925. Kini, gaharu menjadi salah satu komoditas perkebunan yang diminati karena bernilai ekonomi tinggi. Indonesia memiliki beberapa jenis pohon penghasil gaharu yang tersebar di beberapa daerah. Berikut ini beberapa jenis pohon gaharu.

    Aquilaria malaccensis, A. hiratadan A. agallocha

    Tinggi ketiga pohon gaharu ini mencapai 40 m dengan diameter 80 cm. Pohon dapat tumbuh subur di...

  • Budidaya Daun Yakon yang Kaya Khasiat

    Sumber : pertanianku.com

    Tanaman yakon mulai populer sebagai tanaman obat sejak 2007. Kala itu tanaman ini mendapatkan julukan daun insulin. Budidaya yakon dapat dilakukan di dataran tinggi dengan ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut dengan suhu harian 26°C, kelembapan 65–95%, dan mendapatkan penyinaran matahari selama 10–13 jam. Berikut ini langkah-langkah budidaya daun yakon.

    1. Siapkan sumber bibit berupa anakan dari tanaman tua (tanaman tua rata-rata 7–8 anakan). Pisahkan dengan cara dicabut dari indukan tapi jangan sampai mengganggu perakaran.
    2. Tanam anakan di bedengan tanah dengan j...

  • Kunci Sukses Panen Jeruk Sadu

    Sumber  : pertanianku.com

    Hanya buah bermutu yang disenangi konsumen sehingga bisa menjadi sumber pundi-pundi rupiah yang menggiurkan. Kunci untuk mendapatkan panen bermutu adalah pemilihan varietas yang tepat seperti jeruk sadu dan perawatan intensif. Dengan begitu, Anda bisa membuat panen jeruk meningkat, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. Jeruk yang bermutu memilik cita rasa sangat manis. Bila diukur dengan refraktometer tingkat kemanisannya mencapai 13briks.

    Perawatan intensif dapat membuat hasil panen tetap manis meski budidaya dilakukan ketika curah hujan tinggi. Padahal, curah hu...

  • KEMASAN BAHAN PANGAN

    By: Fitri M. Manihuruk, M.Si

    Kemasan pangan menurut Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan Tahun 2011 tentang Pengawasan Kemasan Pangan adalah bahan yang digunakan untuk mewadahi dan/atau membungkus pangan baik yang bersentuhan langsung dengan pangan maupun tidak. Kemasan meliputi tiga hal yaitu: 1) Kemasan memenuhi syarat keamanan dan manfaat; 2) Kemasan dapat melaksanakan program pemasaran; dan 3) Kemasan merupakan suatu cara untuk meningkatkan penghasilan perusahaan. Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan, didistribusik...

  • Wadah untuk Budidaya Komoditas Ikan Laut

    Sumber : pertanianku.com

    Wadah yang digunakan untuk budidaya ikan laut berbeda dengan budidaya ikan air tawar. Pilihan wadah untuk sektor ini terbilang lebih banyak dengan metode atau teknologi budidaya yang lebih beragam. Pemilihan wadah bisa didasarkan bentuk, bergantung pada yang dibudidayakan, dan jenis teknologi yang digunakan. Berikut ini beberapa wadah untuk budidaya komoditas ikan laut.

    Jaring tancap

    Jaring tancap biasanya dipasang di bawah kolong rumah nelayan yang berada di pinggir pantai. Selain itu, jaring ini juga sering dipasang di kedalaman 2–8 m waktu surut rendah. Jaring tanca...

  • PENGAWETAN TELUR DENGAN PENGASINAN

    By: Fitri M. Manihuruk, M.Si

    Pengawetan adalah salah satu teknik untuk membuat bahan pangan tidak mudah rusak. Pengawetan terhadap telur dilakukan agar dapat menghambat terjadinya kebusukan oleh bakteri dan menunda kerusakan fisik dan kimia telur. Prinsip dalam pengawetan telur segar adalah mencegah penguapan air dan terlepasnya gas-gas lainnya dari dalam isi telur, serta mencegah masuk dan tumbuhnya mikroba di dalam telur selama mungkin.

    Metode pengawetan telur dibagi menjadi dua yaitu pengawetan telur pecah dan pengawetan telur utuh. Pengawetan telur utuh terdiri atas penyimpanan dingin, pen...

  • Kiat Membersihkan Belut agar Enak Dikonsumsi

    Sumber : pertanianku.com

    Langkah krusial saat mengolah belut adalah proses pembersihan. Pasalnya, bila proses ini tidak dilakukan dengan langkah yang benar akan menyebabkan rasa belut menjadi kurang enak. Belut dapat mengeluarkan aroma amis yang kurang sedap. Lendir yang ada di tubuh belut dapat menimbulkan rasa pahit. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkan belut dengan cara yang benar.

    Lendir di tubuh belut dapat dihilangkan dengan menggunakan abu gosok atau menetesinya dengan air jeruk nipis. Setelah itu, badan belut dikerok dengan pisau tumpul, kemudian belut dicuci hingga bersih.

    Setelah...

  • PASCA PANEN KANGKUNG

    By: Fitri M. Manihuruk, M.Si

    Kangkung merupakan tanaman sayur berdaun yang banyak dibudidayakan di negara Asia. Kangkung adalah jenis sayuran merambat yang batangnya banyak mengandung air, relatif tumbuh cepat, dan tahan terhadap penyakit. Ada dua jenis varietas kangkung yang dibudidayakan dan dikonsumsi oleh masyarakat yaitu kangkung air (Ipomea aquatica forsk) dan kangkung darat (Ipomea replans poir). Kangkung air tumbuh baik di tempat basah dan berair seperti sawah dan rawa. Kangkung air memiliki ciri tangkai daun panjang, daun lebar dan berwarna hijau tua, serta bunga berwarna putih keungu...