Arsip Artikel Peternakan

  • Kiat Mengendalikan Nematoda Parasit Pengganggu Tanaman Kopi

    Sumber : pertanianku.com

    Apabila tanaman kopi Anda menunjukkan gejala kerdil serta daun menguning dan gugur, kemungkinan tanaman sudah terserang nematoda parasit. Gejala lain yang kemungkinan muncul adalah pertumbuhan cabang-cabang primer tanaman kopi terhambat sehingga tanaman hanya menghasilkan sedikit bunga, buah prematur, dan banyak yang kosong.

    Gejala serangan nematoda parasit juga dapat dilihat pada bagian akar yang membusuk berwarna cokelat atau hitam. Serangan nematoda yang sudah berat akan menyebabkan tanaman mati. Itu sebabnya hama ini harus segera ditangani, jangan sampai skala sera...

  • Varietas Semangka Manis Tahan Penyakit

    Sumber : pertanianku.com

    Varietas semangka yang diinginkan konsumen ialah yang memiliki cita rasa manis, mengandung banyak air, dan terlihat menyegarkan. Sementara itu, varietas yang dibutuhkan oleh petani ialah varietas yang disukai konsumen dan tahan terhadap serangan penyakit sehingga proses budidaya dapat berlangsung maksimal. Berikut ini beberapa varietas semangka manis tahan penyakit.

    Campina

    Varietas Campina dirilis pada 2004, memiliki rasa manis dan penampilannya menarik. Buah semangka Campina berbentuk bulat dan berwarna hijau segar, daging buahnya berwarna merah ranum. Produktivitas ...

  • Pupuk Dasar untuk Budidaya Melon Organik

    Sumber : pertanianku.com

    Melon berkualitas bisa dihasilkan dari teknik budidaya organik. Anda bisa membuat buah melon organik yang sudah dipanen bertahan selama 30–35 hari, padahal lazimnya hanya bisa bertahan selama 10 hari. Berikut ini beberapa kiat budidaya melon organik agar hasil panen yang didapatkan berkualitas.

    Kunci keberhasilan budidaya melon organik terletak pada larutan fermentasi yang terbuat dari starter yang merupakan mikroba pengurai dari cairan usus halus dan lambung sapi atau kerbau. Anda bisa mendapatkan cairan tersebut di rumah pemotongan hewan. Satu liter cairan rumen yang...

  • Herbisida untuk Gulma Pengganggu Tanaman Jahe

    Sumber : pertanianku.com

    Gulma atau tumbuhan liar yang tumbuh di sekitar tanaman jahe harus rutin disiangi agar tidak mengambil nutrisi di dalam tanah, tempat, air, dan sinar matahari. Penyiangan gulma dapat dilakukan secara manual atau menggunakan herbisida.

    Herbisida sebaiknya hanya digunakan untuk menyiangi lahan tanam jahe yang luas dan pertumbuhan gulma sudah telanjur subur. Selain itu, herbisida bisa digunakan jika tenaga kerja untuk menyiangi gulma terbatas atau biaya tenaga kerja untuk penyiangan cukup mahal.

    Apabila lahan tanam yang Anda miliki tidak begitu luas dan gulma masih belum ...

  • Kiat Hasilkan Buah Manggis yang Disukai Pasar Ekspor

    Sumber : pertanianku.com

    Ceruk pasar ekspor buah manggis masih terbuka lebar dengan permintaan ekspor manggis yang paling banyak berasal dari Tiongkok mencapai 1.500–3.000 ton per hari, sedangkan pasokan dari dalam negeri masih terbatas hanya 600–700 ton per hari. Namun, ceruk yang terbuka lebar tersebut tidak bisa diisi oleh buah sembarangan. Buah yang akan diekspor harus memenuhi syarat-syarat tertentu.

    Saat ini baru 15 persen dari produksi keseluruhan buah manggis yang mampu memenuhi standar ekspor. Sisanya, buah manggis didistribusikan ke pasar tradisional. Berikut ini kiat menghasilkan bu...

  • Kecanggihan Rumen Sapi untuk Membuat Tanaman Subur

    Sumber : pertanianku.com

    Selain kotoran dan sisa pakan yang tertinggal di dalam kandang, masih ada bagian lain dari sapi yang bisa Anda manfaatkan untuk menyuburkan tanaman. Bagian tersebut diberi nama rumen, yakni cairan yang berada di dalam usus halus dan lambung sapi. Selain rumen sapi, pekebun juga sering menggunakan rumen dari kerbau.

    Namun, cairan rumen yang akan digunakan untuk menyuburkan tanaman tidak boleh tercampur dengan air. Oleh karena itu, Anda harus menampungnya dengan hati-hati. Biasanya, cairan tersebut bisa didapatkan dari rumah pemotongan hewan, tempat di mana sapi disembel...

  • Jenis-Jenis Biopestisida yang Beredar di Pasaran

    Sumber : pertanianku.com

    Biopestisida berasal dari tiga suku kata, yakni bio, pesti, dan sida yang berarti semua bahan hayati yang berupa tanaman, hewan, mikroba, atau protozoa yang dapat digunakan untuk memusahkan hama dan penyebab penyakit pada manusia, hewan, dan tanaman. Jenis biopestisida disesuaikan dengan sasaran target organisme pengganggu. Berikut ini beberapa jenis biopestisida yang banyak beredar di pasaran.

    Bioinsektisida

    Bioinsektisida adalah semua organisme hidup yang dapat digunakan untuk mengendalikan hama. Selain menggunakan serangga pemangsa dan mikroorganisme untuk mengendal...

  • Dampak Buruk Penggunaan Herbisida yang Sembarangan

    Sumber : pertanianku.com

    Herbisida sering digunakan pekebun untuk mengatasi gulma yang tumbuh di areal pertanaman. Teknik penyiangan ini dipilih ketika lahan kebun terlalu luas, jumlah tenaga kerja untuk penyiangan terbatas, dan gulma sudah tumbuh subur. Namun, sebaiknya herbisida digunakan sebagai opsi terakhir karena dapat mengakibatkan dampak buruk. Apalagi, bila dipakai sembarangan karena bisa membuat tanaman utama mati.

    Biasanya, herbisida diaplikasikan sebelum ataupun setelah tanaman budidaya tumbuh. Hal tersebut menyebabkan penumpukan zat kimia sehingga menghasilkan residu pada lahan, b...

  • Langkah Mudah Membuat Minyak Kelapa Murni untuk Keperluan Pribadi

    Sumber : pertanianku.com

    Minyak kelapa murni alias virgin coconut oil (VCO) adalah minyak yang didapatkan dari daging kelapa segar atau turunannya. Minyak kelapa rakyat yang diolah dari daging kelapa segar sudah dapat disebut sebagai VCO, tetapi kualitas minyak yang dihasilkan belum memenuhi minyak yang dapat dijual. VCO dapat dibuat melalui beberapa cara, salah satunya adalah pemanasan bertahap.

    Setiap metode pembuatan menghasilkan kualitas minyak yang berbeda-beda. Itu sebabnya harga VCO di pasar cukup bervariasi. Berikut ini beberapa cara membuat minyak kelapa yang mudah diterapkan.

    Tanpa p...

  • Budidaya Tomat Ceri Hidroponik yang Cocok di Dataran Rendah

    Sumber : pertanianku.com

    Tomat ceri biasanya tumbuh di dataran tinggi dengan ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) atau lebih. Kini, tomat tersebut sudah bisa ditanam di dataran rendah dengan teknik budidaya intensif, seperti sortasi, mengatur nutrisi, dan mengatur kelembapan. Berikut ini langkah-langkah budidaya tomat ceri di dataran rendah yang dapat Anda ikuti.

    Semai benih

    Siapkan media semai yang terdiri atas campuran arang sekam dan cocopeat dengan perbandingan sama. Selanjutnya, siapkan benih tomat ceri dari varietas unggul seperti super sweet. Pastikan, bibit yang digunak...