Arsip Artikel Peternakan

  • Kiat Budidaya Kacang Tanah yang Benar agar Hasil Panen Terhindar dari Aflatoksin

    Sumber : pertanianku.com

    Kacang tanah termasuk bahan pangan yang dapat diserang oleh cendawan Aspergillus flavus. Cendawan ini dapat menimbulkan senyawa beracun yang bernama aflatoksin. Senyawa ini berbahaya bagi manusia ataupun hewan. Tak heran, ekspor kacang tanah memiliki persyaratan yang ketat. Pengendalian senyawa aflatoksin dapat dilakukan dengan budidaya kacang tanah dan tindakan panen serta pascapanen yang benar.

    Berikut ini kiat-kiat budidaya kacang tanah yang dapat mencegah serangan cendawan A. flavus.

    Melakukan rotasi tanaman

    Serangan cendawan A. flavus dapat dicegah dengan melakuka...

  • Kiat Produksi Ubi Jalar Bebas Virus

    Sumber : pertanianku.com

    Ubi jalar diduga berasal dari Benua Amerika, kini tanaman umbi ini sudah dibudidayakan secara luas di Indonesia. Ubi jalar tergolong mudah dibudidayakan dan memiliki produktivitas cukup tinggi. Namun, sayangnya, produksi ubi jalar masih kerap dihadapi permasalahan serangan virus yang sangat berbahaya dan bisa menimbulkan dampak langsung berupa penurunan hasil serta kualitas.

    Melansir dari laman litbang.pertanian.go.id, virus yang menyerang tanaman ubi diperkirakan dapat menurunkan hasil panen sebanyak 65–72 persen. Berdasarkan uji serologi diketahui ada enam jenis viru...

  • Keunggulan Kascing yang Dapat Mengembalikan Kesuburan Tanah

    Sumber : pertanianku.com

    Kascing alias kompos cacing tanah sudah dikenal sebagai salah satu pembenah tanah yang memiliki banyak keunggulan. Kondisi tanah menjadi salah satu kunci yang dapat memengaruhi hasil panen. Tanah yang miskin unsur hara dan sakit tidak akan bisa diharapkan untuk berkebun. Kondisi tanah tersebut harus dibuat menjadi subur terlebih dahulu. Kascing dapat menjadi solusi mengembalikan tingkat kesuburan tanah.

    Penggunaan kascing untuk penanaman ubi jalar dan jagung dapat membuat hasil panen melambung tinggi hingga 2 kali lipat. Budidaya jagung yang menggunakan kotoran cacing ...

  • Mengenal Lebih Dekat Tomat Ungu Indigo Rose

    Sumber : pertanianku.com

    Tomat berwarna ungu yang bernama indigo rose asal Oregon, Amerika Serikat, sudah mulai dikembangkan di Indonesia sejak beberapa tahun silam. Tomat ungu merupakan hasil persilangan antara spesies tomat liar asal Chile dan tomat liar asal Kepulauan Galapagos, Ekuador.

    Hasil panen tomat ini kebanyakan dijual ke pasar-pasar swalayan dengan omzet yang cukup menggiurkan. Indigo rose memang merupakan tomat varietas baru yang datang ke Indonesia. Tomat ungu tersebut memiliki keunikan dan khasiat yang disukai oleh konsumen.

    Rasa tomat ungu tidak terlalu manis, hanya sekitar 6,5...

  • Segudang Gizi yang Terkandung di Jamur Tiram

    Sumber : pertanianku.com

    Jamur tiram termasuk jenis jamur yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Tak hanya lezat, jamur tiram juga mengandung zat gizi yang bermanfaat untuk tubuh. Jamur dapat diolah menjadi berbagai masakan, mulai dari menu lauk hingga camilan yang renyah seperti keripik. Kandungan gizi yang paling tinggi adalah protein, kemudian berbagai mineral anorganik dan rendah lemak.

    Jamur tiram juga mengandung sejumlah karbohidrat serat dan beberapa vitamin, terutama vitamin B kompleks dan vitamin C. Berdasarkan hasil penelitian tercatat bahwa tiram putih mengandung protein 19–30 pers...

  • Cara Menanam Bayam Jepang Secara Organik

    Sumber : pertannianku.com

    Bayam jepang atau horenso dapat tumbuh maksimal di dataran tinggi dengan ketinggian 1.000–1.200 m dpl. Namun, Anda masih bisa menanam bayam jepang pada dataran dengan ketinggian kurang dari 1.000 m dpl. Penanaman juga dapat dilakukan pada ketinggian kurang dari 500 m dpl, tetapi pertumbuhannya kurang optimal. Lokasi budidaya harus memiliki suhu 15–30°C serta memiliki tanah yang subur dan gembur.

    Budidaya bayam jepang cukup mudah dilakukan, tidak ada perlakuan spesifik yang harus diberikan. Tanaman dapat tumbuh bagus apabila dibudidayakan di bawah rumah plastik yang da...

  • Tips Sukses Mencangkok Tanaman Buah

    Sumber : pertanianku.com

    Cangkok sering kali dipilih untuk memperbanyak tanaman secara vegetatif karena bibit yang dihasilkan memiliki sifat yang hampir sama seperti tanaman induknya. Apabila terjadi penyimpangan sifat, kemungkinan besar itu disebabkan oleh mutasi gen setelah bibit ditanam. Proses mencangkok tanaman harus dilakukan dengan serius, kesabaran, dan ketelitian. Pasalnya, kesalahan kecil dapat menyebabkan bibit gagal terbentuk.

    Perbanyakan tanaman dengan cara mencangkok memiliki kelebihan dan kekurangan seperti berikut.

    Kelebihan mencangkok

    • Sifat tanaman baru sama persis seperti ind...

  • Takaran Pupuk Organik yang Tepat Sesuai dengan Umur Tanaman Mangga

    Sumber : pertanianku.com

    Selama masa pemeliharaan, takaran pupuk harus diberikan dengan dosis yang tepat sesuai dengan fase pertumbuhan tanaman mangga. Pemberian pupuk yang sesuai, tentunya menjadi salah satu kunci keberhasilan tanaman berbuah. Oleh karena itu, Anda tidak boleh melakukannya sembarangan tanpa memperhatikan kondisi tanaman. Berikut ini dosis pupuk organik yang disesuaikan dengan umur tanaman mangga.

    Berumur lebih dari 1 tahun

    Tanaman bisa diberikan pupuk berupa campuran 10 kg pupuk kandang, 2,5 kg tepung tulang, dan 5 kg abu pembakaran kayu. Setiap tahun berikutnya, dosis pupuk ...

  • Ubah Limbah Sawit Jadi Pakan untuk Tingkatkan Bobot Kambing Boerka

    Sumber : pertanianku.com

    Pakan berkualitas tinggi jadi kunci tingginya bobot kambing boerka. Pakan berkualitas tidak selamanya yang berharga mahal. Pakan tersebut juga bisa dibuat dari beberapa bahan dengan harga yang jauh lebih ekonomis selama bahan-bahan yang digunakan bermutu dan segar. Salah satu bahan yang berpotensial menjadi pakan kambing boerka adalah limbah sawit bagian bungkil inti sawit.

    Selain bungkil inti sawit, limbah lain dari kebun sawit yang berpotensial menjadi bahan untuk pakan kambing adalah daun dan pelepah yang mengandung serat cukup tinggi mencapai 33 persen, tetapi kand...

  • Langkah Mudah Membuat Minyak Kemiri

    Sumber : pertanianku.com

    Minyak kemiri terkenal berkhasiat untuk merawat kesehatan rambut secara alami. Minyak ini berasal dari proses ekstraksi daging biji kemiri. Rendemen yang dihasilkan biasanya berkisar 30–65 persen. Sebenarnya, produk minyak kemiri sendiri sudah cukup mudah didapatkan melalui e-commerce atau di toko herbal. Namun, Anda juga bisa membuat minyak kemiri sendiri untuk memenuhi kebutuhan pribadi dengan langkah-langkah berikut.

    • Sortir biji kemiri yang akan digunakan untuk mendapatkan minyak bermutu tinggi. Ciri-ciri daging kemiri yang baik adalah bersih, berwarna cerah, dan ti...